Friday, July 8, 2011

BBC Sebar Berita Palsu: Air Zamzam di Makkah Tercemari


London (Voa-Islam) – Dasar pembual, BBC menyiarkan beritaan bohong dengan menyatakan, air zamzam mengandung bahan berbahaya. Seperti diberitakan media Inggris itu,  air zamzam yang dikemas dalam botol tersebut memiliki kadar arsenik tinggi. Itulah sebabnya, para peziarah diminta untuk mengambil sejumlah sampel air zamzam yang dijual di dalam botol-botol  untuk membandingkan dengan air serupa yang dijual secara illegal di London. Zamzam yang dituding tercemar itu ditemukan di tiga kedai buku Islam di London, iaitu London Selatan, London Timur dan Luton.

Kebelakangan ini, ada gerakan untuk menciptakan kecurigaan tentang kualiti air Zamzam. Hingga saat ini, tidak pernah terbukti, jamaah haji yang meminum air Zamzam, tidak pernah terjangkit penyakit kanser. Kaum muslimin di seluruh dunia meyakini, sumur Zamzam tidak pernah kering lebih 4.000 tahun dan para peziarah menganggap air suci itu memiliki kekuatan yang boleh menyembuhkan penyakit.

Menanggapi hal tersebut, Pihak Arab Saudi menyangkal pemberitaan BBC, yang menyebut air Zamzam di Makkah tercemar, dan minum air suci itu boleh menyebabkan penyakit, seperti kanser. Berita yang membuat heboh umat Islam se-dunia itu akhirnya dapat diredam setelah dikeluarkannya pernyataan rasmi dari Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey (SGS), yang menyangkal tuduhan itu. Ditegaskan, bahawa lembaganya telah mengambil langkah-langkah untuk menjamin keamanan sumur maupun kesucian air Zamzam.

Zuhair Nawab mengungkapkan, organisasinya bertanggungjawab dalam memantau kualitas air Zamzam, tidak hanya menyangkut Arab Saudi, tetapi seluruh dunia Islam. “Para ahli kami memantau keadaan Zamzam setiap hari, setelah mengambil tiga sampel air. Hasilnya, air Zamzam ternyata tidak terkontaminasi, seperti yang dituduhkan BBC,” ujarnya.

Pusat Distribusi Air Zamzam Raja Abdullah di Makkah yang bertugas melakukan pengemasan dalam botol telah dilengkapi dengan fasilitas canggih dan sesuai dengan standar internasional. Pusat Distribusi yang dirasmikan pada September 2010 seharga 700 juta riyal itu mampu membotolkan air Zamzam sebanyak 200 ribu botol setiap hari.

Penelitian Palsu

Hasil laboratorium dari Asosiasi Analis Publik Inggris menemukan, kalau air  tersebut tidak baik diminum manusia. Ketua Asosiasi, Duncan Campbell mengatakan, air itu beracun, terutama kerana tingginya level arsenic di dalamnya. Konon, penemuan air zamzam beracun ini bukan pertama kalinya di Inggris. Ogos 2010, kaum muslim di Leicestershire juga diperingatkan oleh pemerintah setempat, bahawa ada produk air zamzam botolan yang berbahaya yang beredar.

Berbahayanya, karena air botolan itu mengandung arsenic tiga kali lebih tinggi dari level yang diperbolehkan. Arsenik yang berlebuhan dalam tubuh, menurut pemerintah setempat, boleh mengakibatkan keracunan dan kanser.

BBC menyatakan, penemuan air zamzam berbahaya itu terjadi sehari setelah peristiwa air zamzam di Uni Emirat Arab. Selanjutnya, pemerintah melarang warganya membeli air zamzam di kedai. Menyusul ditemukannya air zamzam palsu dalam kemasan di Ras Al-Khaimah. Beberapa kedai di UEA menjual air zamzam, meski penjualan itu dilarang. Belakangan diketahui, air yang diklaim zamzam itu ternyata hanya air mineral biasa saja.

Di Inggris sendiri tidak melarang penjualan air zamzam. Namun negara ini punya peraturan ketat soal menjual produk palsu dan berbahaya bagi kesihatan, iaitu denda besar dan dua tahun penjara



0 comments:

Post a Comment

Share

ENTRY POPULAR THIS WEEK