Wednesday, June 22, 2011

Peta Bumi Tak Harus Bulat


Peta Bumi Datar


SEBUAH peta yang berumur 120 tahun dan menggambarkan bumi berbentuk datar akan didonasikan kepada Library of Congress di Washington DC, Amerika Serikat.
Peta karya Orlando Ferguson dari Hot Springs, South Dakota, AS, yang kini dimiliki oleh Don Homuth yang tinggal di Salem, Oregon seakan mendukung sebuah teori yang menyatakanb bahwa bumi berbentuk datar.
Sang pemilik peta mengakui bahwa peta tersebut dia dapatkan ketika kelas delapan dan merupakan pemberian guru bahasa Inggrisnya yang bernama John Hildreth.
Homuth berniat untuk mendonasikan peta itu pada akhir Juni setelah selama bertahun-tahun menyimpannya dalam keadaan terlipat.
“Sangat mengejutkan saat mengetahui ini mungkin satu-satunya peta yang menggambarkan bumi datar yang ada,” kata Homuth seperti dikutip Daily Mail.
Menurut Robert Morris, spesialis informasi teknis senior pada Geography and Map Division di Library of Congress, mereka telah berupaya mencari di antara 75 hingga 100 peta yang berkaitan sebelum memastikan bahwa mereka belum memiliki peta serupa dalam koleksinya. Saat ini, Library of Congress mempunyai lima juta peta dalam koleksinya. Namun tak satupun yang serupa dengan peta yang dimiliki Homuth.
Morris pun mengatakan, mungkin peta tersebut hanya dicetak beberapa lembar.
“Dari jumlah itu, lebih sedikit lagi yang kondisinya masih utuh,” katanya.
Peta serupa lainnya diketahui ada di Pioneer Museum of Hot Springs di rumah Ferguson, sang pembuatnya. Namun bagian bawah peta di museum itu hilang sehingga peta yang kini di tangan Homuth lah yang kondisinya masih utuh.



Sumber: DailyMail



0 comments:

Post a Comment

Share

ENTRY POPULAR THIS WEEK